Pasti Berhasil! 13 Cara Menabung untuk Beli Rumah Impian

Setiap orang pasti memiliki rumah impian sebagai tempat tinggal yang nyaman. Seperti yang kita ketahui, rumah merupakan properti yang terbilang mahal. Ada banyak cara untuk bisa mendapatkannya, salah satunya dengan menabung.

Namun, seringkali orang bingung bagaimana cara menabung untuk beli rumah yang efektif. Karena itu, Prospeku kali ini akan berbagi tips mengenai cara menabung untuk beli rumah dengan haji kecil yang bisa Anda terapkan. Berikut ulasannya.

13 Cara Sukses Menabung Untuk Beli Rumah

cara menabung untuk beli rumah

1. Menyusun keuangan secara rinci

Pada dasarnya setiap orang perlu mencatat keluar dan masuknya uang. Dengan mencatat setiap penghasilan dan pengeluaran, Anda bisa melakukan manajemen keuangan lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui kebutuhan apa saja yang sudah dan belum terpenuhi.

Adanya rincian keuangan memudahkan siapapun untuk menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan bulanannya. Cara ini akan membantu Anda melakukan introspeksi diri, apakah uang yang telah Anda keluarkan benar-benar digunakan untuk hal yang penting.

2.Ikuti Program KPR

Adanya program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) membuat masyarakat berpenghasilan rendah lebih optimis untuk memiliki rumah. KPR adalah program yang diselenggarakan bank kepada nasabahnya berupa fasilitas kredit untuk keperluan membeli dan merenovasi rumah.

Ada dua jenis KPR yang bisa dipilih, KPR Subsidi dan KPR Non Subsidi. KPR subsidi bisa diikuti oleh semua kalangan masyarakat. Sedangkan KPR Non Subsidi hanya bisa diikuti oleh masyarakat tertentu, sesuai dengan kriteria pemerintah.

3. Memastikan harga rumah yang diinginkan

Sebelum memulai cara menabung untuk beli rumah, Anda harus menentukan harga rumah yang ingin dibeli. Nantinya, harga tersebut akan menjadi target tabungan yang perlu dipenuhi. Selain itu, menentukan target tabungan juga akan memudahkan Anda menyesuaikan durasi waktu menabung dengan pemasukan tiap bulannya.

Dalam memilih harga rumah, pastikan untuk memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Setiap orang memang berhak memiliki mimpi yang tinggi, namun juga perlu realistis bukan? Jika ingin memiliki rumah dalam waktu cepat, maka usahakan target harga rumah sesuai dengan kantong Anda.

4. Memiliki target tabungan yang jelas

Setelah memastikan range harga rumah yang ingin dibeli, Anda bisa menentukan target tabungan. Target tabungan disini tidak harus sesuai dengan harga rumah, mungkin Anda bisa melebihkannya apabila ingin menambah dekorasi maupun melakukan renovasi.

Selain itu, sebuah properti akan membutuhkan dokumen-dokumen legalitas yang harus Anda urus. Proses ini tentunya juga akan memakan biaya. Karena itu, akan lebih baik jika target tabungan Anda dilebihkan dari harga rumah.

5. Menyisihkan sebagian pendapatan

Untuk lebih mudah mencapai target, tentukan jumlah uang yang akan ditabung setiap bulannya. Bagi Anda yang memiliki penghasilan tetap, cara menabung untuk beli rumah yang ini tentu cukup mudah untuk diterapkan.

Misalnya saja, setiap bulannya Anda mendapatkan gaji sebesar 6 juta rupiah. Coba sisihkan sebagian dari total gaji untuk menabung. Namun sekali lagi, pastikan kebutuhan Anda untuk sehari-hari masih bisa terpenuhi.

6. Membuat rekening khusus menabung

Bagi Anda yang sering bingung untuk menyisihkan uang reguler dan uang tabungan, cara menabung untuk beli rumah kali ini akan sangat efektif. Sebagai solusi dari masalah tersebut, cobalah membuat satu rekening baru khusus untuk menabung.

Diamkan rekening tersebut hingga semua uangnya terkumpul. Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk menyisihkan uang tabungan dalam satu rekening. Hal ini juga bisa menghindarkan Anda memakai uang untuk hal yang tidak diperlukan.

7. Usahakan menghindari hutang lain

Jika sudah berniat ingin cara menabung untuk beli rumah berhasil, sebaiknya Anda menghindari hutang lain. Hutang di tempat lain hanya akan membuat tanggungan Anda bertambah dan menjadi tidak fokus menabung untuk satu tujuan.

Pastikan Anda telah melunasi semua hutang sebelum mulai untuk menabung rumah. Banyaknya hutang akan menghambat target tabungan tercapai, yang berarti keinginan untuk segera mendapat rumah impian juga harus tertunda.

8. Mulai berinvestasi

Saat ini investasi telah menjadi tren di kalangan masyarakat. Kegiatan yang satu ini dinilai bisa memberikan keuntungan besar di masa depan. Untuk itu, investasi juga bisa menjadi cara menabung untuk beli rumah yang efektif.

Daripada mendiamkan uang tabungan di dalam rekening, Anda bisa menggunakannya untuk berinvestasi. Misal saja, investasi emas atau reksadana. Cara menabung untuk beli rumah dengan berinvestasi akan memberikan profit tambahan bagi Anda.

9. Hidup hemat dan belanja dengan bijak

Belanja adalah salah satu kegiatan yang bisa dibilang paling banyak menyita uang. Mengapa begitu? jika dihitung-hitung, sebagian besar pendapatan kita mengarah pada kegiatan tersebut. Maka dari itu, agar bisa mencapai target tabungan, pastikan Anda telah berbelanja dengan bijak.

Tanamkan pada diri sendiri untuk membeli hal-hal yang penting. Mungkin akan lebih baik jika Anda telah mematok besaran dana belanja, dengan begitu uang yang dikeluarkan untuk belanja tidak berlebihan.

10. Mengelola keuangan dengan baik

Terkadang tanpa sadar kita mengeluarkan uang dalam jumlah besar tanpa perhitungan yang baik. Jika ingin menabung, tentu saja kebiasaan tersebut harus segera dihilangkan. Lakukan pengelolaan uang dengan baik agar target Anda bisa tercapai sebagaimana mestinya.

Sebelum berencana mengeluarkan uang, perhitungkan dan pertimbangkan setiap rupiah yang keluar. Setiap lembar uang tersebut sangat berharga jika hanya dihamburkan untuk sesuatu yang tidak penting bukan?

11. Mencari rumah subsidi

Pertimbangkan juga untuk membeli rumah dengan subsidi. Cara menabung untuk beli rumah dengan gaji kecil akan cepat tercapai dengan target rumah subsidi. Meskipun harga rumah lebih terjangkau, namun Anda bisa memilih rumah dengan kualitas dan lokasi yang bagus.

Harga rata-rata rumah subsidi berkisar antara 120-200 juta rupiah. Menargetkan rumah subsidi akan membuat Anda mendapatkan rumah lebih cepat. Seiring berjalannya, Anda juga bisa melakukan renovasi atau menambahkan dekorasi untuk mempercantik rumah tersebut.

12. Menabung bersama

Jika Anda telah berkeluarga, coba libatkan anggota lain untuk mencapai impian membeli rumah bersama ini. Bagaimanapun juga rumah ini kelak akan ditempati bersama. Mereka akan senang karena merasa diikutsertakan dalam tujuan penting.

Jika belum menikah dan telah merencanakan masa depan dengan pasangan, mungkin hal ini bisa didiskusikan dengan baik. Anda dan pasangan bisa menerapkan cara menabung untuk beli rumah impian bersama.

13. Jangan goyah dan terus konsisten

Faktor utama yang membuat seseorang tidak berhasil menabung adalah tidak konsisten. Menabung untuk membeli rumah tentu membutuhkan waktu yang panjang, mengingat nilai rumah sangat tinggi saat ini.

Cara menabung untuk beli rumah juga harus diiringi dengan niat yang kuat, jangan sampai goyah atau tergoda dengan hal lain. Pastikan target rumah bisa tercapai. Semangat!

Nah itu dia cara menabung untuk beli rumah impian yang baik dan efektif. Jika ingin cepat memiliki rumah, maka Anda harus mulai menabung dan berinvestasi mulai sekarang. Namun, jika dirasa sudah cukup memiliki dana untuk membayar uang muka, bisa langsung mengambil KPR dengan tenor panjang dan cicilan yang tidak begitu besar.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about us
Jaya Imperial Park yang berada di bawah naungan Jaya Garden Polis yang memiliki potensi lahan lebih dari 85 HA. Saat ini baru mengembangkan 7 cluster serta 1 kawasan komersial merupakan kawasan terluas dan termewah di Tangerang Utara
follow us
WhatsApp WhatsApp us