Menciptakan “Gudang” Tanpa Gudang

Apabila Anda sedang dalam tahap membangun rumah idaman Anda saat ini, sebaiknya rencanakan membuat area penyimpanan khusus untuk memudahkan Anda meletakkan barang-barang maupun untuk mengambilnya kembali atau biasa disebut “storage”. Ketika perencanaan pembangunan  awal rumah Anda, sampaikan kepada perencana rumah Anda. Perencanaan dari awal ini penting karena biasanya area penyimpanan ini membutuhkan bentuk dan konstruksi yang khusus yang dibuat secara bersamaan dengan pembuatan konstruksi rumah. Dengan perencanaan dari awal, posisi storage dapat “tersembunyi” sehingga tidak memakan tempat atau memenuhi ruangan, atau mungkin bisa dijadikan sebagai aksen atau keunikan tersendiri. Namun jika kebetulan rumah Anda sudah jadi atau saat ini membutuhkan tempat ekstra, ada berbagai cara untuk mendapatkan storage sesuai dengan kebutuhan Anda. Area penyimpanan yang memadai mutlak diperlukan dalam setiap ruangan. Tanpanya banyak barang akan berserakan dan tidak berada pada tempatnya. Dibawah ini adalah bagaimana menciptakan storage pada masing-masing ruang di rumah Anda.

  • Ruang Keluarga.

Ruang keluarga sebagai area berkumpul anggota keluarga dalam suasana santai. Banyak aktifitas di ruang ini seperti membaca, nonton tivi, mengerjakan hobby, mengobrol ringan atau bahkan menikmati snack. Buku-buku koleksi bacaan keluarga, koleksi barang unik/antik atau bahkan barang pecah belah dapat anda hadirkan disini.

Karenanya di ruang ini anda bisa menghadirkan buffet, meja, credenza, dan tempat duduk built in. Tempat duduk built in alias permanen akan memungkinkan memperoleh storage ekstra, apabila Anda tidak menyukainya karena tidak bisa dipindah-pindah bisa mensiasatinya dengan mengkombinasikan kursi sofa dengan storage dibawah alas duduknya, bisa juga diletakkan disisi belakang sofa, karena ada rongga diarea tersebut yang bisa kita manfaatkan sebagai storage.

  • Ruang Makan

Sebagai ruang pengisi energi alias ruang untuk menyantap makanan, kerapian dan kebersihan ruang harus selalu dijaga. Untuk meletakkan peralatan makanan dapat menghadirkan almari makan dengan kombinasi rak pajang disisi atas sehingga selain sebagai sarana penyimpan juga dapat membantu mempercantik ruang. Apabila ruang makan Anda tidak cukup luas Anda bisa mengkombinasikan meja makan dengan laci dibawah meja untuk menyimpan peralatan makan.

  • Ruang Tidur

Sebagai ruang istirahat selayaknya kerapian ruang pribadi Anda ini senantiasa terjaga sehingga tidak mengganggu suasana istirahat Anda. Diruang tidur ini Anda dapat menyimpan barang-barang pribadi Anda tanpa membuat kamar Anda menjadi sumpek atau penuh dengan menempatkan storage yang tepat. Storage ini dapat dibuat sendiri atau dipesan sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda dengan memperhatikan barang apa saja yang akan disimpan dan pemisahan barang berdasarkan kategorinya.

Lemari built in dapat dihadirkan untuk memberi kesan lega, dengan desain khusus banyak barang pribadi yang bisa masuk kedalamnya selain pakaian, seperti barang keperluan travelling (sebaiknya ditaruh disisi paling atas karena besar), koleksi tas dan sepatu disisi bawah, dan peralatan hobby (memancing, memotret) dan mungkin tempat menyimpan peralatan elektronik khusus.

 Apabila kolong tempat tidur anda belum didesign untuk penyimpanan anda dapat membeli box plastik atau kayu yang memiliki roda sehingga mudah untuk dikeluarkan dan dimasukkan. Untuk menyembunyikan dari pandangan mata, bisa ditutupi dengan hamparan bedcover atau sprei yang menjuntai.

Anda bisa juga menggunakan wadah yang berdiri sendiri. Sebuah kotak dengan lebar minimal 60 cm dapat anda kombinasikan dengan beberapa rak dan laci sebagai storage. Apabila diletakkan disamping tempat tidur sering kali kita sebut sebagai nakas. Nakas sebagai pelengkap sisi tempat tidur juga bisa difungsikan untuk menyimpan barang-barang special anda.

  • Dapur

Dapur sebagai area memasak haruslah lega dan rapi, sementara barang-barang pendukung untuk itu sangatlah banyak. Untuk menyimpan peralatan makan dapat disimpan di kitchen set bagian atas, sedangkan untuk menyimpan peralatan memasak, bahan makanan bahkan tabung gas dapat anda manfaatkan bawah meja dapur. Tidak semua barang didapur harus masuk almari. Ada beberapa yang baik untuk dipajang seperti gelas, sendok dan botol minuman. Untuk dapur yang kecil sementara barang yang akan diwadahi masih butuh tempat dapat mewadahi barang-barang tersebut dengan menggantungkannya. Selain jadi aksen juga untuk mengamankan dari hewan dapur seperti tikus atau kucing.

  • Kamar mandi

Kamar mandi biasanya tidaklah luas, sementara tidak sedikit juga barang yang memerlukan storage, mulai dari perangkat mandi seperti handuk, baju mandi hingga pernak pernik seperti sabun, shampoo, sikat gigi, dan sebagainya. Apabila ada wastafel di kamar mandi anda dapat mengkombinasikannya dengan almari kecil, apabila tidak tersedia anda bisa siapkan sebuah lemari yang ringan dan transparan sehingga tidak membuat kamar mandi serasa penuh.

Apabila tidak ada sarana untuk itu anda bisa membuat kotak kecil di sudut kamar mandi, memaksimalkan dinding dengan cara melobanginya untuk mendapatkan “ruang” tempat meletakkan peralatan mandi anda.

  • Tangga

Hanya ruang bawah tangga yang bisa dimanfaatkan untuk storage, bagian dinding samping tangga juga sangat potensial untuk menyimpan barang-barang yang tidak terlalu besar seperti buku atau benda-benda pajangan. Apabila anda membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan, anda bisa memanfaatkan ruang dalam anak tangga.

  • Langit-langit

Jika langit-langit rumah cukup tinggi anda bisa memanfaatkan ruang dibawahnya dengan membuat storage ekstra. Rak ini bisa dibuat disatu sisi ruangan dan apabila tidak mengganggu bisa dihadirkan disisi-sisi ruangan. Rak ini sebaiknya ditempatkan didekat langit-langit agar tak mengganggu aktifitas atau lalu lalang orang didalam ruang.

Ruangan diatas plafond (attic) bisa anda manfaatkan juga untuk storage dengan memberikan tangga non permanent.

  • Penyekat ruang

Apabila koleksi anda masih membutuhkan storage yang lain, anda bisa membuat penyekat ruang dengan menggunakan kayu atau bahan yang lain. Penyekat ini tingginya mencapai langit-langit ruangan. Dengan kedua sisi sebagai storage bisa berupa rak-rak atau untuk menempatkan peralatan elektronik anda. Selain bisa sebagai pemisah fungsi ruang juga bisa sebagai aksen dalam ruang yang mampu memberikan nilai lebih.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about us
Jaya Imperial Park yang berada di bawah naungan Jaya Garden Polis yang memiliki potensi lahan lebih dari 85 HA. Saat ini baru mengembangkan 7 cluster serta 1 kawasan komersial merupakan kawasan terluas dan termewah di Tangerang Utara
follow us
WhatsApp WhatsApp us