Lindungi Sofa Ruang Tamu dari Teror Kutu

Waspada! Meskipun sofamu sudah sangat empuk dan nyaman, usahamu akan sia-sia apabila furniture yang satu ini belum terbebas dari ancaman serangga kecil atau kutu yang menguasainya.

Bug yang paling sering dijumpai mengintai sofa ruang tamu rumah siapapun adalah kutu busuk. Tidak tanggung-tanggung, parasit yang satu ini suka mengisap darah orang hingga menimbulkan bekas luka sampai bengkak yang menyebar. Rasa gatal pun sulit dihindari jika sudah tergigit oleh bug yang satu ini. Biasanya, kutu busuk memang biasa menyelinap di furniture empuk seperti kasur, tentunya juga sofa ruang tamu yang berlapis kain kerap menjadi incaran kutu busuk.

Bisa dipastikan, apabila sofa ruang tamu rumahmu sudah dikuasai kutu busuk, kamu maupun orang-orang yang kerap bersantai di atasnya akan menjadi tidak nyaman. Bahkan jika sofa ruang tamu sudah dikuasai oleh serangga yang satu ini, bukan tidak mungkin mereka menyebar ke perabot-perabot lain yang ada di rumahmu. Tentunya kamu tidak ingin itu terjadi, bukan?

Tenang dulu, Jaya Imperial Park siap membantumu untuk mengatasi masalah bug yang ada di sofa ruang tamu. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendeteksi, menangani, hingga tindakan preventif yang bisa kamu lakukan supaya bug tidak lagi bersarang di perabotan rumahmu.

  • Deteksi Kutu di Sofa Ruang Tamu

Mungkin bagimu, bug di sofa ruang tamu maupun perabotan lainnya tidak akan terlalu menyusahkan sebab berukuran kecil dan jarang terlihat. Ya, serangga semacam kutu busuk apalagi, ukurannya yang tidak sampai 1 cm membuatmu sulit untuk mendeteksinya. Ditambah lagi, bug semacam kutu busuk merupakan hewan nontuknal yang beraksi di malam hari sehingga pergerakannya sulit ditangkap dengan mata telanjang ketika hari masih siang. Namun, ruang tamu kan bukan hanya dipakai di siang hari! Itu yang mesti diingat. Tamu-tamu bisa saja datang di malam hari. Ketika pulang dari kantor, sangat mungkin juga kamu mengistirahatkan diri dengan duduk santai di sofa ruang tamu.

Apapun alasannya, tidak ada alasan yang tepat untuk membiarkan bug bersarang di sofa ruang tamumu. Jika dibiarkan, kamu akan sering berisiko mengalami alergi hingga bengkak merah di sekujur tubuh. Tentu kamu tidak ingin demikian, bukan?

Supaya bug tidak bersarang di furniture milikmu itu, sering-seringlah melakukan deteksi dini terhadap sofa ruang tamu untuk mengetahui ada kutu busuk yang bersarang di perabot tersebut atau tidak. Mengenai pendeteksiannya sendiri, kamu bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama, deteksilah sofa ruang tamu milikmu terlebih awal. Kedua, deteksilah tanda-tanda serangan bug di badanmu.

Karena bug termasuk hewan yang aktif di malam hari, waktu paling tepat untuk mengecek sarang mereka di sofa ruang tamu milikmu tentulah ketika matahari telah terbenam. Lihatlah apakah di sofamu terlihat bintik-bintik kecil yang merupakan larva bug atau tidak. Jika memang ada, maka tindakan pembasmian harus segera dilakukan. Untuk mempermudah pengecekan, kamu bisa menggunakan senter yang dipantulkan ke tiap inci dari sofa ruang tamumu. Jangan lupa mengecek tiap bagian lekukan dan bantalan sofa sebab biasanya serangga kecil ini kerap bersembunyi di sana.

Cara pengecekan bug kedua adalah memperhatikan ada tidaknya bintik merah di tubuhmu yang terasa gatal.  Memang tidak selamanya bintik merah merupakan bekas gigitan kutubisa juga disebabkan oleh nyamuk. Akan tetapi, jika bintik merah tersebut berujung pada bengkak dan relatif memiliki jalur lurus yang meluas, kamu patut curiga bahwa penyebab gatal-gatalmu tersebut adalah  kutu yang ada di sofa ruang tamu.

  • Cara Mengatasi Kutu di Sofa Ruang Tamu

Jika tanda-tanda sarang bug sudah ada, kini saatnya mulai berperang melawannya agar parasit yang satu ini segera minggat dari sofa ruang tamu rumahmu. Berbeda dengan keberadaan bug di kasur yang bisa segera diatasi dengan mengganti sprei tempat tidurmu, jika sarangnya ada di sofa ruang tamu, tidak mungkin kan mengganti kain pelapis perabotan yang satu ini tiap kali kamu menemukan sarang bug di sana?

Sebenarnya tidak sulit membunuh kutu busuk maupun bug lainnya yang bersarang di sofa ruang tamu. Cara simpelnya, kamu bisa menggunakan cairan pestisida yang disemprotkan ke seluruh sudut sofa ruang tamu guna membunuh parasit-parasit tersebut beserta telur-telurnya. Namun, apabila kamu tidak terlalu menyukai penggunaan bahan kimia untuk membersihkan perabotan rumahmu, mulai dari ketel air panas hingga lakban pun bisa menjadi alat untuk mengusir kutu dari furniture tersebut.

Kutu jenis apapun sebenarnya tidak suka panas, apalagi uap panas. Karena itu, pasangkanlah selang kecil pada ketel elektrikmu agar alat sederhana ini dapat menjadi penguap dadakan. Semprotkan uang air panas dari ketel ke seluruh sudut sofa ruang tamu guna memastikan kutu busuk di sana mati semua berserta dengan telur-telurnya.

Cara lain adalah menggunakan lakban. Akan tetapi, untuk beberapa jenis sofa ruang tamu yang kain pelapisnya mudah berserabut dan tercabut, lebih baik tidak menggunakan cara ini. Phembasmian bug menggunakan lakban sebenarnya sangat simpel: Kamu hanya tinggal menempelkan lakban di bagian sofa ruang tamu yang terdeteksi menjadi sarang bug. Diamkan sekitar 1—2 menit kemudian cabut kembali lakban tersebut. Ajaibnya, lakban tersebut akan tercabut beserta dengan menempelnya para kutu dan telur-telur mereka.

  • Membersihkan Sofa dari Bugs

Meskipun  kutu pada sofa ruang tamu sangat mudah diatasi dan dibasmi, alangkah lebih baiknya jika parasit yang satu ini tidak pernah bersarang di tempat duduk hunianmu. Untuk hal ini, pembersihkan secara rutin dan tepat terhadap perabotan rumahmu tersebut perlu dilakukan.

Bersihkan sofa ruang tamu milikmu dengan jangka waktu yang rutin. Idealnya, tiap hari kamu perlu membersihkan kotoran-kotoran minim dari sofa milikmu tersebut. Kemudian di setiap minggu, lakukanlah pembersihan yang lebih menyeluruh sebagai  tindakan preventif agar sofa ruang tamu milikmu tidak menjadi sarang kutu busuk.

Pembersihan tiap hari bisa kamu lakukan megenai sapu kecil ataupun vacuum cleaner. Ini guna membersihkan sofa ruang tamu dari sisa-sisa remah camilan yang mungkin terselip di tiap sudut sofa ketika ada tamu berkunjung.

Sementara itu, setiap seminggu sekali, usahakanlah menjemur sofa ruang tamu milikmu. Hal ini bertujuan supaya sofa tidak menjadi lembap dan membuat parasit senang berdiam di dalamnya. Kamu bisa menjemur sofa ruang tamu di halaman rumah selama 1—2 jam. Agar lebih memastikan sofa ruang tamumu bersih dari bugs atau kutusemprotkanlah cairan disinfektan setidaknya seminggu sekali juga agar kebersihan dan kesehatan sofa tersebut lebih terjaga.

Bagaimana, sebenarnya tidak sulit bukan untuk mengusir dan menjaga sofa ruang tamu milikmu dari serangan kutuAsalkan kamu tidak malas, kamu bisa dengan sangat mudah membuat perabotan yang satu ini terhindari dari berbagai jenis bakteri maupun parasit seperti kutu.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about us
Jaya Imperial Park yang berada di bawah naungan Jaya Garden Polis yang memiliki potensi lahan lebih dari 85 HA. Saat ini baru mengembangkan 5 cluster serta 1 kawasan komersial merupakan kawasan terluas dan termewah di Tangerang Utara
follow us
WhatsApp us