Kesulitan Merapikan Kamar Sempit yang Berantakan? Ini 5 Triknya!

Kamar berantakan bisa menjadi sarang penyakit. Maka dari itu, kamu harus rajin merapikannya. Bingung mau mulai dari mana? Simak lima trik jitu merapikan kamar berantakan secara bertahap. Dijamin kamar berantakan bakal bersih kembali!

  • Angkut pakaian dari lantai dan kasur

Kebiasaan pertama yang suka dilakukan adalah melempar atau menaruh pakaian sembarangan sehingga kamar berantakan. Ambil pakaianmu dari lantai dan kasur. Pilah pakaian mana yang ingin kamu pakai kembali dan mana yang kotor. Pakaian yang masih dipakai kembali diletakkan di gantungan atau dilipat kembali, sedangkan pakaian kotor dimasukkan ke dalam keranjang cucian. Kebiasaan menggantungkan pakaian dan menaruh pakaian kotor di kantung cucian harus kamu pelihara. Usul punya usul, pakaian bekas pakai yang menumpuk membuat nyamuk datang dan jadi sarang nyamuk. Nggak mau kamar berantakan malah jadi sarang penyakit, kan? Maka dari itu, pelihara kebiasaan ini supaya kamar yang berantakan kembali rapi, ya.

  • Buang sampah yang ada di kamar

Kamu pasti pernah makan di kamar, menyobek plastik atau kertas, atau menyisir rambut hingga rambutmu berjatuhan di lantai. Hal-hal inilah yang membuat kamar berantakan. Agar kamar berantakan milikmu kembali beres, masukkan sampah-sampah ini ke dalam tong sampah. Ada baiknya juga bila kamu memiliki tong sampah dalam kamar. Keberadaan tempat sampah sangat menolong kamu ketika ingin membuang sesuatu.

Tong sampah pun harus dijaga kebersihannya. Maka dari itu, masukkan kantung plastik yang seukuran dengan tong sampah, baru masukkan sampah-sampah sehingga kamar berantakan kembali bersih. Plastik membuat dasar tong sampah tetap dalam keadaan bersih dan melindunginya dari sampah basah.

  •  Pilah barang-barang mana yang mau tetap digunakan dan mana yang tidak

Trik ketiga untuk mengatasi kamar berantakan adalah pilah barang-barangmu. Tentukan barang mana yang mau kamu pakai kembali dan mana yang ingin kamu keluarkan dari kamar atau buang. Jika sudah dipilah, letakkan barang yang masih ingin dipakai secara teratur. Misalnya, taruh buku-buku di rak yang ada di kamar kamu. Bila tidak ada, sebaiknya kamu memasang rak dinding untuk menghemat ruangan juga.

Barang yang tidak kamu inginkan di dalam kamar bisa kamu simpan di gudang, buang, atau bahkan kamu jual kembali. Justru hal ini sangat menguntungkan karena kamu mendapatkan uang yang bisa kamu tabung untuk kebutuhan lainnya, seperti membeli organizer guna merapikan kamar berantakan.

  •  Rapikan barang-barangmu dengan organizer

Kehadiran organizer sangat esensial dalam mengatasi kamar berantakan. Organizer mampu menyimpan barang-barangmu yang terbilang kecil ukurannya sehingga kamar berantakan terlihat lebih rapi. Rapikan barang-barangmu berdasarkan kategori. Kamu bisa menyimpannya dalam organizer per kategori, misalnya alat kecantikan, perhiasan, alat tulis, dan perkakas-perkakas lain.

  • Bersihkan kamar berantakan dari debu secara rutin

Sesudah kamu mengembalikan barang-barang yang berceceran ke tempat semula, saatnya kamu membersihkan kamar berantakan dari debu. Mulailah dari membersihkan rak dan sudut-sudut ruangan yang sulit dijangkau. Gunakan kanebo basah agar lebih hemat dan tidak memakan waktu banyak. Selanjutnya, bersihkan lantai dengan sapu dan pel hingga bersih. Kamar berantakan pun kembali seperti kamarmu yang rapi dan bersih.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about us
Jaya Imperial Park yang berada di bawah naungan Jaya Garden Polis yang memiliki potensi lahan lebih dari 85 HA. Saat ini baru mengembangkan 7 cluster serta 1 kawasan komersial merupakan kawasan terluas dan termewah di Tangerang Utara
follow us
WhatsApp WhatsApp us