7 Penyebab dan Cara Mengatasi AC Rumah yang Tidak Dingin

Permasalahan yang kerap menghantui pengguna AC adalah AC yang tidak dingin. Penyebab AC tidak dingin pun bisa dari faktor eksternal maupun internal. Maka dari itu, mari kita simak bersama dengan lebih rinci penyebab AC tidak dingin dan cara mengatasinya.

  • Filter AC yang tidak rutin dibersihkan

Salah satu unsur yang mendukung kinerja AC dalam menghantarkan suhu dingin adalah filter AC. Filter berguna untuk menyaring kotoran-kotoran yang ada dalam udara AC. Lama kelamaan, kotoran tersebut akan menyumbat saringan filter sehingga udara dingin tidak mampu menembus keluar.

Cara mengatasi penyebab AC tidak dingin ini adalah rutin membersihkannya. Cuci filter sebulan sekali supaya filter bersih dari kotoran. Sebelum membersihkan, pastikan kamu menutup barang-barang di sekitar AC seperti kasur dengan koran agar barang tersebut nggak kotor. Pasang filter kembali dan kamu akan mendapatkan hembusan angin dingin dari AC yang menyejukkan.

  • Kondensor AC yang kotor

Tidak hanya filter, kondensor AC yang kotor juga bisa jadi penyebab AC tidak dingin. Kondensor terletak di bagian luar AC yang berguna untuk memanaskan gas refrigerant (freon) pada suhu tertentu. Sama dengan filter, jika kondensor kotor, ia nggak akan bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal yaitu melakukan proses pendinginan.

Kamu perlu membersihkan kondensor secara rutin untuk mencegah dampak dari penyebab AC tidak dingin jenis ini. Tindakan ini bisa kamu lakukan sendirian. Gunakan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran. Kamu juga bisa memakai selang air dengan menggunakan arus air yang pelan sehingga kondensor tidak rusak.

Apabila kamu tidak menggunakan AC dalam waktu lama, tutup kondensor dengan kain agar konsensor tidak jadi penyebab AC tidak dingin. Jangan taruh kondensor di tempat di mana banyak tanaman hias dan ranting pohon.

  • Refrigerant (freon) yang habis atau bocor

Refrigerant adalah gas yang berguna dalam proses pendinginan ruangan. Merek refrigerant yang terkenal adalah Freon sehingga refrigerant lebih dikenal masyarakat dengan kata freon. Freon yang habis bisa jadi penyebab AC tidak dingin. Ciri-cirinya adalah terjadi pembekuan es pada pipa AC, AC bocor, dan timbul suara mendesis akibat kebocoran.

Dampak jangka panjang dari penyebab AC tidak dingin ini adalah freon AC yang bocor bisa terhirup dan membahayakan kesehatan tubuh kita, seperti gangguan pernapasan hingga kematian. Untuk menghindari dampak dari penyebab AC tidak dingin ini, segeralah menghubungi teknisi AC untuk memperbaikinya.

  • Pengaturan termostat yang salah

Kesalahan dalam menetapkan suhu AC bisa menganggu kenyamananmu saat bekerja atau sekedar bersantai dalam kamar. Misalnya, suhu ruanganmu 23 derajat Celcius tetapi kamu memasang suhu AC 26 derajat Celcius. Hal ini jelas salah karena AC mengeluarkan suhu yang lebih tinggi dari suhu ruanganmu.

Maka dari itu, kamu harus mengatur suhu AC dengan benar. Apabila suhu ruangan 25 derajat Celcius, atur suhu AC di bawah angka tersebut, misal 18 derajat Celcius atau 20 derajat Celcius. Cara lain untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin adalah dengan mengatur AC melalui remote dengan setting “COOL”. Dengan mengatur suhu AC yang tepat, kamu bisa bekerja dengan produktif di atas meja kerja.

  • Pintu dan jendela yang dibuka

Saat kamu menyalakan AC, apakah kamu sudah memastikan bahwa pintu dan jendela ruangan sudah tertutup rapat? Apabila belum, mungkin hal ini menjadi penyebab AC tidak dingin. Pintu dan jendela yang terbuka sedikit bisa berpengaruh pada suhu ruangan sehingga terasa tidak sedingin biasanya.

Untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin satu ini, kamu hanya cukup menutup pintu dan jendela saat AC dinyalakan. Apabila kamu ingin keluar ruangan, segera tutup kembali pintu.

  • Ukuran AC yang tidak sesuai

Bisa jadi penyebab AC tidak dingin adalah pemilihan ukuran yang tidak sesuai. AC yang terlalu kecil jelas tidak bisa memberikan semburan udara dingin di ruangan yang besar. Jika penyebab AC tidak dingin ini terjadi, ada baiknya bila kamu menggantinya dengan AC berukuran lebih besar.

Cara lain untuk mengatasi penyebab AC tidak dingin karena ukuran adalah dengan menggunakan AC kecil dalam jumlah lebih dari satu. Teknik ini sering menjadi jalan keluar dari penyebab AC tidak dingin demi ruangan yang nggak panas.

  • Masalah teknis internal AC

Apabila keenam penyebab AC tidak dingin di atas tidak terjadi, mungkin terdapat masalah di bagian internal mesin AC. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus mengontak teknisi AC sesegera mungkin. Ia akan mengecek kondisi mesin AC milikmu, mencari penyebab AC tidak dingin, dan memperbaikinya.

Itulah ketujuh penyebab AC tidak dingin yang biasanya terjadi. Supaya AC milikmu tetap awet, kamu harus rajin merawatnya dengan mengecek dan membersihkan kondensor serta filter AC sebulan sekali. Selain awet, kamu juga bisa mencegah penyebab AC tidak dingin. Apabila kinerja AC semakin menurun meskipun kamu sudah memperbaikinya, mungkin ini saatnya kamu menggantinya dengan AC yang baru. Idealnya, AC dapat bertahan hingga 15 tahun.

1 Comment

  • Reply seoktavian
    April 27, 2019, 12:58 pm

    makasih telah berbagi tips, sangat membantu sekali artikelnya

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about us
Jaya Imperial Park yang berada di bawah naungan Jaya Garden Polis yang memiliki potensi lahan lebih dari 85 HA. Saat ini baru mengembangkan 7 cluster serta 1 kawasan komersial merupakan kawasan terluas dan termewah di Tangerang Utara
follow us

Dapatkan Promo Menarik !!!

X
WhatsApp WhatsApp us