7 Cara Ampuh Membersihkan Debu di Rumah

Salah satu cara membersihkan debu di rumah yang tidak tepat diterapkan yaitu mengelap perabot menggunakan kemoceng. Karena debu-debu malah berterbangan dan pindah ke perabot lain. Selain itu, noda-noda yang susah hilang seperti bekas makanan pun tetap ada. Untuk itu, simak baik-baik ya trik membersihkan rumah yang benar agar debu di rumahmu tidak berterbangan.

  • Jangan bersihkan furniture dengan kemoceng kalau mau debu-debu menghilang dengan sempurna

Selama ini mugkin Anda selalu membersihkan perabot dari debu menggunakan kemoceng. Caranya yang praktis ini memang memudahkan, tetapi justru tidak membuat rumahmu bersih dengan sempurna. Karena debu-debu yang dibersihkan pakai kemoceng akan berterbangan, lalu hinggap pada perabot lain. Apalagi kemoceng juga tidak bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan noda-noda membandel seperti bekas makanan.

Sebaiknya, bersihkan dengan kain lap basah agar seluruh permukaan perabot terjangkau. Setelahnya, bilas kain lap hingga bersih agar kotoran tidak menempel pada kain.

  • Hindari menunggu vacuum bag sampai penuh. Biasakan menggantinya saat sudah terisi 2/3

Jika Anda suka menggunakan vacuum cleaner, sebaiknya hindari mengganti vacuum bag menunggu sampai penuh. Yang benar yaitu Anda mengganti ketika isinya sudah mencapai 2/3-nya, biasanya dalam kurun waktu 6-8 minggu. Hal ini karena isi vacuum bag yang ada debu dan pasir-pasir ini bakal mengurasi daya hisap vacuum, sehingga tidak bisa maksimal kerjanya ketika digunakan kembali. Belum lagi jika ada sisa makanan yang kemungkinan membusuk di dalam, itu akan membuat aroma vacuum jadi tidak sedap.

  • Tidak perlu bersihkan jendela saat cuaca sedang cerah karena panas matahari akan meninggalkan bekas sabun pembersih pada kaca

Saat cuaca sedang cerah, Anda menjadi semangat untuk membersihkan jendela. Padahal, cuaca yang seperti itu sebaiknya dihindari untuk tidak membersihkan jendela. Karena sinar matahari akan membuat sabun pembersih kaca membekas pada jendela. Memang cepat kering, namun justru itu yang menjadi masalahnya. Maka dari itu, lebih baik pilih waktu membersihkan kaca ketika cuaca mendung dan gunakan cuka putih bersama koran agar jendela berkilau.

  • Ganti kain pel setiap dua bulan sekali

Selama ini mungkin Anda sering berpikir rumah bersih itu adalah jika lantainya mengkilap. Padahal, tampilan yang seperti itu belum tentu terbebas dari kuman karena terdapat jutaan bakteri yang mengumpul. Terutama jika rumah Anda jarang dibersihkan dan kain pel jarang diganti.

  • Jangan menggosok karpet yang kotor. Lebih baik gunakan baking soda saja

Karpet sering digunakan ketika ada acara di rumah atau berleha-leha sejenak di lantai agar tidak dingin. Nah, ketika karpet kotor biasanya Anda akan menggosok-gosok karpet supaya bersih. Cara ini sebenarnya kurang tepat karena bisa memperlebar noda dan merusak karpet. Padahal cukup gunakan baking soda pada area yang terkena noda dan tekan-tekan ke bawah secara lembut menggunakan kitchen roll atau sikat. Tunggu sekitar 15 menit, lalu bersihkan dengan vacuum cleaner. Selain bersih, aroma karpet juga sedap!

  • Tidak hanya karpet, kasur pun bisa dibersihkan menggunakan baking soda

Tanpa harus memakai pewangi ruangan karena aroma kamar tidur tak sedap karena kasur, Anda bisa menggunakan baking soda agar wangi yang dihirup terasa harum. Wangi ini lebih segar dan bikin tidurmu menjadi lebih nyenyak. Ditambah lagi menaburi kasur dengan baking soda juga bisa membuat kasurmu bersih.

  • Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan debu pada televisi

Rumah yang sudah bersih itu memang nyaman ditempati. Sayangnya, kenyamanan itu bisa hilang ketika Anda ingin menonton televisi tetapi layarnya penuh debu. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kain mikrofiber – kain yang biasa dipakai untuk kacamata. Caranya yaitu matikan TV agar letak debunya terlihat jelas, lalu lap layar TV dengan tidak menekan untuk menjaga kejernihan layar. Jika terpaksa memakai cairan, maka Anda harus memastikan cairannya tercantum pada brosur TV. Hal ini untuk melindungi layar TV tidak tergores dan debu benar-benar menghilang.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about us
Jaya Imperial Park yang berada di bawah naungan Jaya Garden Polis yang memiliki potensi lahan lebih dari 85 HA. Saat ini baru mengembangkan 7 cluster serta 1 kawasan komersial merupakan kawasan terluas dan termewah di Tangerang Utara
follow us

Dapatkan Promo Menarik !!!

X
WhatsApp WhatsApp us