5 Hal yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Membeli Rumah Baru

Sebelum membeli rumah baru, banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan secara matang selain harus memeriksa kelengkapan dokumen rumah. Nah, berikut Jaya Imperial Park akan mengulas 5 hal yang harus kamu perhatikan saat membeli rumah baru!

  • Cek harga rumah baru dan kemampuan keuanganmu

Kamu harus teliti dengan harga yang dipatok untuk rumah baru tersebut. Cek lagi, harga rumah sudah mencakup apa saja. Biasanya harga rumah sudah termasuk PPN 10%, biaya Akta Jual Beli (AJB) dan biaya Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB). Tapi harga belum termasuk Bea Perolehan Hak Atas Tanah Bangunan (BPHTB) dan biaya KPR (provisi, notaris, administrasi, asuransi jiwa dan kebakaran, APHT, etc). Harga rumah (tanah dan bangunan) ditambah dengan BPHTB biasanya disebut dengan ‘harga pengikatan’.

Untuk pembayaran rumah baru dengan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank, perhatikan tahapan pembayaran rumah baru dari uang tanda jadi sampai akad kredit. Jangan sampai kamu salah paham atau justru persiapan uangmu kurang.

Jangan langsung tergiur dan berpikir pendek untuk langsung membeli rumah baru yang pertama kali kamu lihat. Lakukan peninjauan terlebih dahulu. Kamu dapat mencari informasi mengenai harga pasaran rumah baru di daerah tersebut baik itu secara online atau secara langsung untuk memastikan harga terbaik. Keputusan terakhir yang kamu buat sebaiknya didasari hasil riset harga pasar.

Kamu juga perlu memperhitungkan kapan waktu yang tepat untuk membeli rumah baru. Cek kondisi pasar properti. Pasalnya, waktu yang terbaik untuk membeli rumah baru adalah ketika bunga pinjaman sedang turun.

  • Periksa kondisi rumah baru

Salah satu hal yang harus dilakukan saat membeli rumah baru adalah, memeriksa kualitas dan kondisi keseluruhan rumah baru yang menjadi incaranmu. Jangan sampai kamu menemukan kecacatan serius yang ditutupi oleh si penjual rumah. Periksa juga kondisi bangunan rumah baru, apakah bangunan dalam kondisi baik dan kuat.  Cek semua saluran air apakah berfungsi dengan baik.

Jika menemukan kecacatan pada rumah baru, kamu perlu bernegosiasi dengan pemilik rumah. Apakah kamu akan mendapat potongan harga atau penjual bersedia melakukan perbaikan, kamu berhak membatalkan pembelian pada rumah baru tersebut jika tidak menemukan kesepakatan yang pas.

Lakukan survei secara mendetail pada rumah baru yang akan kamu beli. Survei bisa dilakukan melalui Internet atau survei lapangan. Kamu bisa membuat komparasi, scoring, dan analisa berdasarkan parameter dan spesifikasi rumah baru yang kamu inginkan. Biasanya, pemetaan denah ruang dilengkapi dengan ukuran ruangan dengan skala tertentu. Pelajari ukuran ruangan dengan baik agar kamu bisa memiliki visualisasi yang jelas mengenai fungsi ruang satu sama lain.

Kamu juga perlu memperhatikan pengembang atau kontraktor rumah baru tersebut. Jika kamu ragu dengan hasil pekerjaan mereka, tidak ada salahnya mengecek langsung ke lokasi tempat mereka menggarap proyek terbaru. Cek legalitas izin pembangunan, apakah mereka mematuhi hukum dan menjalankan bisnisnya dengan disiplin. Cari tahu hal ini lewat konsumen sebelumnya.

  • Memeriksa lingkungan dan keamanan rumah baru

Memperhatikan kondisi lingkungan juga merupakan hal penting sebelum membeli rumah baru. Perhatikan apakah lingkungan rumah baru tersebut cukup kondusif untuk tempat tinggal. Memeriksa keamanan lingkungan rumah baru juga jangan sampai kamu lewatkan. Ketahui budaya masyarakat sekitar serta tingkat kriminalitasnya.

Untuk keluarga muda yang memiliki anak kecil, pilihlah rumah baru di dalam perumahan karena lebih memudahkan dalam manajemen anak. Di dalam perumahan juga relatif lebih aman karena biasanya ada satpam serta ada fasilitas CCTV yang mengawasi arus keluar masuk kendaraan dan tamu.

  • Memperhatikan lokasi rumah baru

Selain kondisi rumah baru, lokasi juga merupakan parameter utama. Rumah baru berharga murah umumnya terletak jauh dari pusat kota. Jika kamu tetap ingin membelinya, perhatikan apakah akses dari rumah kamu menuju jalan utama cukup dekat.

Perhatikan juga apakah letak rumah baru kamu dekat dengan area publik lainnya. Jika lokasi rumah baru yang kamu pilih jauh dari tempat kamu bekerja, pikirkan juga berapa ongkos yang harus kamu keluarkan. Ingatlah bahwa membeli rumah baru sebagai tempat tinggal berarti rumah tersebut akan kamu tempati untuk jangka waktu yang lama. Jangan sampai menyesal di kemudian hari gara-gara tidak memperhatikan faktor ini saat membeli rumah baru.

  • Memeriksa posisi rumah baru

Hal penting lainnya yang harus kamu ketahui saat melakukan survei rumah di kawasan rumah baru adalah posisi atau arah rumah dengan datangnya sinar matahari. Pilihlah rumah baru yang menghadap sinar matahari pagi karena lebih sehat dan saat malam hari kondisi rumah baru kamu tidak akan panas.

Posisi rumah juga akan menentukan harga rumah di sebuah perumahan. Perlu diketahui posisi hook atau pojokan ini sering menjadi incaran banyak pembeli karena penghuni bisa mengembangkan rumah baru dengan ukuran yang lebih besar. Ketersediaan sisa tanah dan letak rumah di hook memungkinkan kamu dengan mudah merenovasi rumah baru. Walaupun biasanya, harganya relatif lebih mahal.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about us
Jaya Imperial Park yang berada di bawah naungan Jaya Garden Polis yang memiliki potensi lahan lebih dari 85 HA. Saat ini baru mengembangkan 7 cluster serta 1 kawasan komersial merupakan kawasan terluas dan termewah di Tangerang Utara
follow us

Dapatkan Promo Menarik !!!

X
WhatsApp WhatsApp us