4 Cara Mengatasi WC yang Mampet

Membuang sampah ke WC jadi penyebab utama WC mampet. Sering kita temui himbauan untuk tidak membuang tisu ke dalam WC di toilet umum. Himbauan ini benar adanya karena bisa menghambat kinerja WC dalam mendorong kotoran. Tak hanya tisu, ada beberapa barang lain yang menyebabkan WC mampet, yaitu pembalut, cotton bud, tusuk gigi, tisu basah, dan popok bayi. Untuk menghindari WC mampet, sebaiknya kamu tidak membuang barang apapun ke dalam WC. Sediakan tong sampah dalam toilet supaya lebih bersih dan kamu tidak perlu melakukan cara mengatasi WC mampet.

Apabila sudah terjadi, ada beberapa cara mengatasi WC mampet yang bisa kamu lakukan. Simak cara mengatasi WC mampet dibawah ini!

  • Menggunakan sabun cuci piring dan air panas

Cara mengatasi WC mampet pertama cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menyediakan 1 cangkir sabun cuci piring cair, air panas yang cukup banyak, dan handuk. Letakkan handuk di lantai sekitar WC untuk melindunginya dari tumpahan air WC. Masukkan sabun cuci piring ke dalam WC dan diamkan hingga sabun mengendap. Sabun cuci piring berguna untuk melicinkan pipa saluran WC supaya benda yang menyumbat mampu mengalir ke dalam septic tank dengan lebih mudah.

Tuangkan air panas sebanyak mungkin tapi jangan sampai air keluar dari WC. Diamkan selama 20 menit. Lalu, flush WC untuk mengecek apakah WC masih tersumbat. Jika iya, lakukan cara mengatasi WC mampet ini lagi hingga WC kembali normal.

  • Kombinasi baking soda dan cuka

Kedua bahan ini selalu jadi pilihan untuk mengatasi ragam permasalahan hunian, mulai dari sekedar membersihkan kotoran hingga mengatasi wastafel tersumbatBaking soda dan cuka pun bisa jadi cara mengatasi WC mampet, lho. Tebarkan satu cangkir baking soda ke permukaan air WC dan tunggu hingga mengendap. Sesudah itu, tuangkan dua cangkir cuka dengan gerakan memutar supaya cuka tersebar merata.

Saat melakukan cara ini, kamu akan melihat gelembung-gelembung dari reaksi kedua bahan tersebut dan pastikan jangan sampai gelembung keluar dari WC. Beri waktu baking soda dan cuka untuk mengatasi permasalahan ini selama satu jam. Kemudian, flush WC. Apabila masih tersumbat, lakukan cara mengatasi WC mampet ini dengan menambahkan baking soda dan cuka lagi, lalu diamkan semalaman. Pagi hari kamu akan menemukan WC-mu kembali lancar!

  • Cara mengatasi WC mampet dengan gantungan baju kawat

Tak hanya bahan-bahan cair saja, bahan padat juga bisa jadi cara mengatasi WC mampet, lho. Cara mengatasi WC mampet yang satu ini hanya bisa dilakukan apabila benda yang bikin mampet berada tak terlalu jauh dari corong WC. Sediakan gantungan baju (hanger) kawat. Potong kawatnya dan luruskan. Bagian ujung kawat yang tajam harus dibungkus kain seperti kain perca dan selotip supaya tidak membuat WC rusak.

Mulailah cara mengatasi WC mampet ini dengan memasukkan ujung yang lancip tersebut ke dalam pipa WC. Teknik ini dilakukan untuk mendorong benda yang menghalangi aliran air masuk ke dalam septic tank. Keberhasilan cara mengatasi WC mampet ini ditandai dengan menyusutnya air WC. Jangan lupa untuk menekan tombol flush. Jika WC masih mampet, nampaknya kamu harus menggunakan cara mengatasi WC mampet yang lainnya.

  • Menggunakan plastik pembungkus makanan

Cara mengatasi WC mampet pun bisa kamu lakukan dengan memakai plastik pembungkus yang kerap dipakai di supermarket untuk membungkus buah potong atau makanan. Sediakan plastik pembungkus makanan dan gunakan untuk menutupi tempat duduk WC. Pastikan plastik benar-benar menempel.

Tekan tombol flush. Plastik akan mengembang dan kamu harus menekannya berulang kali. Cara mengatasi WC mampet ini dilakukan untuk menekan balik udara ke dalam WC sehingga udara tersebut mendorong benda yang menyumbat WC.

Yang terpenting adalah jangan memasukkan benda padat apapun ke dalam WC supaya tidak tersumbat supaya kamu tidak harus melakukan cara mengatasi WC mampet di atas. Kalau sudah terjadi pun, kamu harus segera mengatasinya dengan cara mengatasi WC mampet. Selamat mencoba!

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

about us
Jaya Imperial Park yang berada di bawah naungan Jaya Garden Polis yang memiliki potensi lahan lebih dari 85 HA. Saat ini baru mengembangkan 7 cluster serta 1 kawasan komersial merupakan kawasan terluas dan termewah di Tangerang Utara
follow us
WhatsApp WhatsApp us